Senin, 24 Januari 2011

KEMESRAAN INI JANGANLAH CEPAT BERLALU

By: Sahabat Baik

Tepat jam sembilan pagi terdengar dering  telepon genggam, bunyi yang berbeda dengan nada telepon masuk maupun sms. Ternyata alarm pemberitahuan bahwa hari ini adalah hari ulang tahun istrinya. Sengaja hp itu diseting alarm, karena memang merencanakan sesuatu yang surprise untuk seorang wanita yang setia mendampingi dalam kehidupan rumah tangganya, dihari yang istimewa.

 “Selamat ulang tahun kasihku,semoga panjang umur,banyak amal,banyak ibadah,jadi ibu yang baik buat anak-anak,menjadi bidadari surga buat abang.,Ridho Allah selalu menyertai dinda.” Demikianlah sms ucapan selamat ulang tahun dan doa untuk istri tercintanya.

“Ya Allah kasihku,Jazakumullah. udah lupa tuh,Abangku sayang Insya Allah amanah ini bisa saya jalanin.Allah tempat saya bergantung,Abang sebagai panglima yang menuntun kita kepada jalan-Nya”.Jawaban sms dari istrinya.

 ”Mohon maaf Abang tidak bisa memberi hadiah dan kebahagian dunia buat dinda”.

Sang istri membalas sms itu  ”Jazakumullah khairon katsiroh,Semuanya selama ini sudah lebih dari cukup ,terimakasih atas perhatian dan kesabaran abang.Mohon maaf kalau saya sering mengingatkan abang karena rasa sayang dan cinta saya kepada  abang”.


Subhannalah betapa bergetar hati ini ketika membaca kisah tersebut,Alangkah bahagia lelaki itu mempunyai seorang istri yang sholehah . Sudah sepantasnya dia bersyukur .

Sebagai bentuk kemesraan hubungan suami istri maka hendaklah kita berusaha mencari momen yang tepat untuk membuat sesuatu  yang akan memberikan kemesraan dalam kehidupan  rumah tangga. Kejenuhan dalam berumah tangga terjadi akibat kurangnya komunikasi antara suami dan istri. Suami sibuk dengan pekerjaan dan aktivitasnya,sementara istri sibuk dengan urusan rumah atau sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas diluar rumah..

Kehidupan rumah tangga adalah sebuah kehidupan yang dinamis dan harmonis bukan kehidupan militer antara atasan bawahan. Komunikasi dibangun dari pangkat tertinggi memerintah kepada pangkat terendah bagai sebuah komando.Diperlukan musyawarah dalam kehidupan antara suami dan istri sebagai bentuk solusi mencari kesamaan diantara perbedaan dua pribadi yang merupakan cermin dari rumah tangga sakinah (Ailiah sakinah).

Insya Allah dengan komunikasi yang baik dan iklim keterbukaan yang dibangun secara setahap demi setahap, perbedaan ini akan menimbulkan pelangi dalam rumah tangga.
Demikian Asma Nadia menulis dalam buku terbarunya, Sakinah Bersamamu. Sebuah buku tentang kehidupan rumah tangga yang sangat layak dibaca bukan hanya oleh para istri,para suami pun layak untuk membacanya.

Dengan adanya saling kesepahaman dalam arah dan tujuan rumah tangga yang dibingkai oleh rasa cinta dan kasih sayang.Maka pupuk dan jaga kebersamaan ini. Sang suami senantiasa mencurahkan cinta dan kasih sayang pada istri dan anak-anak demikian pula sebaliknya.

Kapan pun dimana pun kemesraan akan selalu hadir seperti sebuah syair lagu Iwan Fals ”Kemesraan ini janganlah cepat berlalu”.Sehingga kemesraan itu akan selalu ada sebagai bumbu dalam kehidupan rumah tangga seperti kisah diatas. Wallahu a’lam

Kartika Wanasari,23 Januari 2011.
For my sweatheart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar