Jumat, 23 Maret 2012

Kalian Pasti Dikumpulkan di Satu Tempat



By:sahabatbaik

Ketika kita menonton berita di televisi seolah-olah kita sedang melihat sebuah kehidupan dunia yang sesungguhnya,. Kehidupan selalu penuh gejolak dan konflik yang tak pernah selesai. Apakah memang umur dunia sudah terlalu tua, sehingga bencana alam selalu mengiringi bencana yang dibuat oleh manusia itu sendiri.Kekeringan,banjir,kebakaran diiringi oleh Pertikaian etnis, korupsi para pejabat, gaya hidup mewah para pejabat kecurangan pilkada, kemerosatan moral dan akhlak generasi muda, pencurian,pemerkosaan, kecelakaan lalu lintas, ketidakjujuran, kebohongan publik,dan lain sebagai.

Ada sebuah nasihat dari salah seorang sahabat nabi, Abdullah bin Mas’ud. Seorang sahabat yang sangat dimuliakan oleh Rasulullah Saw sebagaimana yang beliau sabdakan tentang betisnya yang kecil (karena cacat bawaan), “ Sesunggunya, betis ‘Abdullah itu lebih berat pada timbangan amal dari pada gunung  Uhud.”


’Abdullah bin mas’ud berkata r.a. berkata, ”Saudaraku, kalian pasti dikumpulkan di satu tempat. Di tempat itu, kalian akan mendengarkan suara yang memanggil tetapi kalian tidak melihat apa-apa. Ketahuilah, perkataan yang paling baik adalah Al Qur’an. Bekal yang paling baik adalah takwa. Agama yang paling baik adalah agama Ibrahim.

Cerita yang paling menarik adalah al-Qur’an. Sunah yang paling baik adalah sunah Muhammad. Perkataan yang paling mulia di sisi Allah adalah zikir. Urusan yang paling baik adalah yang sudah diyakini. Pekerjaan yang paling buruk adalah bid’ah. Petunjuk yang paling baik adalah yang dibawa oleh para nabi. Mati yang mulia adalah gugur di jalan Allah sebagai syahid.

Kesesatan yang paling buruk adalah sesat setelah mendapatkan petunjuk. Amal yang paling baik adalah yang bermanfaat. Petunjuk yang paling baik adalah yang diikuti. Buta yang paling fatal adalah buta hati. Apa saja yang sedikit namun cukup, lebih baik dari pada banyak tetapi mencelakakan. Penyesalan yang paling buruk adalah penyesalan di Hari Kiamat. Puncak segala hikmah adalah takut kepada Allah.

Sesuatu paling baik yang ditanamkan dalam hati adalah keyakinan. Sementara keraguan adalah bagian dari kekafiran. Tipu daya berasal dari bara Jahanam. Sombong adalah setrika yang terbuat dari api neraka. Syair adalah seruling iblis. Minuman keras dan memabukkan sumber dari segala dosa.

Perempuan adalah perangkat setan. Umur yang masih muda adalah satu bagian dari kegilaan. Usaha yang paling buruk adalah makan riba dan menganjurkan agar riba itu dinikmati. Yang paling menentukan dalam beramal adalah sesudahnya. Informasi yang paling buruk adalah yang disampaikan oleh  pendusta. Mengumpat orang mukimin adalah fasik dan membunuhnya adalah kafir. Menjaga harta orang mukmin sama dengan memelihara kehormatannya.

Orang yang menentang peraturan Allah, pasti mendustakan-Nya. Orang yang minta ampun, pasti diampuni. Orang yang memelihara diri, pasti dipelihara oleh-Nya. Orang yang menahan amarah, pasti diberi pahala. Orang yang sabar terhadap berbagai cobaan, pasti mendapatkan ganti yang lebih baik. Orang yang sombong dan congkak, pasti dikutuk oleh-Nya. Orang yang terlalu percaya kepada dunia, pasti dibuat lelah. Orang yang mengikuti langkah setan, pasti durhaka kepada Allah. Orang yang durhaka kepada Allah, pasti disiksa dengan azab yang sangat pedih.

Semoga bermanfaat untuk kita semua,. Wallahu a’lam bishawwab.

Cibitung, 22 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar