Selasa, 10 Januari 2012

Bang Jay Ketua DPRa Kami Pedagang Somay Keliling


By : sahabatbaik

"Ane kalau ada sms suka minta tolong temen untuk di bacain" demikian ujar beliau dengan polosnya”
Sewaktu-waktu beliau pernah berbicara, kalau ada undangan  rapat DPC-DPRa meminta agar tidak melalui sms tapi ditelepon saja. Kami memaklumi hal tersebut mungkin karena faktor usia sehingga beliau tidak begitu jelas untuk membaca tulisan yang kecil-kecil di handpone nya.

Pak jaenudin yang merupakan ketua DPRa Kertamukti (Dewan Pengurus Ranting) yang tertua di kecamatan kami dari semua yang ada di struktur DPC Maupun DPRa PKS Cibitung. Setengah abad lebih satu tahun usianya saat ini. Itulah beliau, yang kami kagumi disela-sela kesibukannya mencari nafkah untuk menghidupi dua orang anak dan seorang istri dengan berjualan somay keliling yang dilakoni dari tahun 1990. Beliau masih berani menerima amanah dari kami untuk menjabat sebagai ketua DPRa dari Desa  Kertamukti atas rekomendasi para pengurus DPRa saat itu. 

Amanah ini beliau jalani dengan penuh semangat,  ketika taklimat untuk rapat koordinasi itu kami sebar melalui sms berantai seketika itu pula beliau hadir dengan menghentikan aktivasnya berjualan somay walaupun kadang masih tersisa cukup banyak. Sehingga kami selalu menjadikan somay “Bang Jay” demikian biasa kami memanggil sebagai rasa hormat kepadanya, sebagai menu konsumsi rapat. Bahkan bukan hanya dalam rapat saja dalam setiap kesempatan acara kami selalu menjadikan somay Bang jay sebagai tambahan konsumsi.

Karena enaknya rasa somay Bang Jay kami juga meminta para kader merekomendasikan dan mempromosikan somaynya kepada kader atau pun orang lain dalam berbagai acara. Ini juga salah satu cara kami dalam membangkitkan ekonomi kader.

Bang Jay merupakan sosok yang ramah dan supel dalam bergaul serta kepolosannya sehingga kami betah bercerita dengan beliau. Ada cerita menarik  dari teman-teman kepanduan,  ketika DPC PKS Cibitung mengirimkan utusannya ke acara Mukhayyam Pandu Keadilan Dasar 1 (MPKD) beberapa waktu lalu. Beliau sebagai ketua ranting menjawab dengan yakin dan mantab akan mengirimkan lima utusan termasuk beliau sebagai peserta.  Semula kami tidak yakin beliau akan ikut mengingat mata pencahariannya setiap hari berjualan somay.

Akhirnya keraguan kami tidak terbukti dengan berangkatnya Bang Jay beserta personilnya. Sehingga dari dua puluh enam  orang peserta Mukhayyam dari Cibitung mereka tidak ingin dipecah menjadi beberapa regu. Mereka ingin berkumpul bersama dalam satu regu dengan Bang Jay sebagai Komandan Regu. Jadilah team kepanduan DPC Cibitung sebagai team yang “Terheboh” di acara tersebut.

Kini menjelang pemilihan Bupati Kabupaten Bekasi tahun 2012.  Bang jay yang memiliki jam dagang dimulai dari sore hingga larut malam, beliau dibantu oleh teman-teman pengurus  Dpra yang lainnya, masih bisa memenuhi amanah yang dibebankan kepadanya untuk mengisi semua TPS dengan saksi untuk mengawal kemenangan pasangan SAJA (Saaduddin-Jamalullail).
Ketika menyampaikan harapannya akan kemenangan pasangan SAJA dalam pemilukada 2012, seperti pada umumnya masyarakat yang menginginkan agar bupati meneruskan semua program yang sudah baik yang selama ini dijalankan. Bang jay juga merasakan dengan motor Honda Supra fitnya yang sudah uzur dalam menemani berdagang somay,  walaupun belum secara keseluruhan kini jalan jalan di kampungnya sudah banyak yang di cor. Untuk yang belum di cor beliau berharap agar di kepemimpinan Bupati Saaduddin berikutnya jalan tersebut segera di cor.

Bang jay adalah sebuah batu bata kecil ditengah bangunan yang besar. Gedung yang besar akan nampak janggal apabila ada dinding yang bolong karena ada satu batu bata tidak terpasang. Semoga yang besar tidak melupakan yang kecil. Karena pemimpin yang sholeh,amanah dan bijaksana sangat diharapkan kemenangannya oleh rakyat kecil. Wallahu a’lam Bishawwab.

Kartika Wanasari, 10 Januari 2012

4 komentar:

  1. Salam dan salut buat Bang Jay. Langganan somay kami juga.
    thanks Bang jay. Bang Jay bisa disebut sbg sebuah contoh yang baik.

    BalasHapus
  2. bang jay saat pilkada sering libur dagang demi menunaikan tugas dakwah... mantapks bag jay...

    BalasHapus
  3. Subhanallah,Semoga Allah senangtiasa memberikan semangat kita semua sebagaimana semangat bang Jay,

    Ust. Ana Boleh Copy Artikel ini untuk di posting di Blog DPRA dan Blog ana? Supaya bisa menjadi pelajar bagi Rekan-rekan yang lain. Jzklh.

    Ana Tunggu Izinnya. Semoga Sahabatbaik tetap memberikan yang terbaik.

    BalasHapus