Rabu, 17 Agustus 2011

Dan kucing Pun Ikut Buka Puasa



By: sahabatbaik

Sore itu penjual pecel lele dan ayam goreng sudah dipenuhi oleh antrian para pembeli yang ingin mempersiapkan diri untuk hidangan buka puasa. Di akhir ramadhan hanya penjual pecel lele itulah yang tersisa  dari sekian banyak pedangang makanan yang berjualan di komplek perumahanku, sebagian  dari mereka telah pulang kampung atau mudik.

Melihat antrian itu tidak menyurutkan keinginanku  untuk membeli pecel lele sebagai menu buka puasa. Kupikir-pikir dari pada jauh-jauh mencari pedagang makanan ditempat lain yang belum tentu ada karena sebagian sudah pulang kampung, ya sudah beli di tempat yang terdekat  saja.


Selepas maghrib aku mempersiapkan makanan yang telah dibeli yaitu ayam goreng plus sambel lalab, sebuah menu yang istimewa setelah aku ditinggal oleh istri dan anak-anak yang aku berangkatkan lebih awal  untuk mudik. Ayam goreng itu sungguh menggugah seleraku untuk menyantapnya. Sementara pintu depan aku buka lebar-lebar agar angin sepoi-sepoi masuk.

Tapi rasanya ada yang kurang dengan menu ini, minumnya belum disiapkan enaknya sih minum teh manis hangat. Segera aku kedapur untuk membuat minumannya.

Setelah selesai dan kembali kedepan. Haaaah….betapa kagetnya aku karena santapan istimewa itu raib entah kemana. Rasanya gak mungkin paha ayam goreng itu hidup lagi kemudian kabur,  lalu aku cari seputaran dalam rumah tapi juga tidak ada. Kemudian aku keluar rumah tapi suasana sangat sepi orang-orang semua sedang berbuka puasa lagi pula sebagian tetangga ku sudah pada mudik.

Weleh…weleh…weleh….ternyata dipojok bawah pohon mangga sibelang kucing liar itu sedang asik berbuka puasa dengan paha ayam goreng sambil berkata  seperti ipin-upin waaauuuw …..ayam goreng.

Lemas sudah aku dibuatnya, sementara dari kejauhan kulihat pedagang pecel lele itu sudah mematikankan lampunya dan berkemas-kemas untuk pulang. Kini menu istimewa itu tinggal lalab dan sambal, Alhamdulillah.

Itulah kisah "pilu" buka puasa dengan sambel dan lalab pada ramadhan dua tahun yang lalu. Semoga tidak terulang lagi…he…he..he..., Jadi kalau mau makan tutup pintu gitu loh.

www.sahabatbaik.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar