Minggu, 08 Mei 2016

Sensasi Es Goyobod Garut....ehmmm, Nikmat



Momen pulang kampung saat liburan baik libur lebaran maupun libur nasional bagi saya dan mungkin orang orang yang mudik adalah salah satu kerinduan akan suasana kampung halaman.

Kerinduan itu bukan hanya suasana saja mungkin juga kepada orang tua,saudara,sanak kerabat,teman sekolah,bahkan kuliner,dan lain lain. Semua hal yang manusiawi bagi mereka yang merasakan kejenuhan diperantauan.

Ingat akan masakan sang bunda, ingat akan jajanan khas daerah yang mungkin sulit ditemui diperantauan. Kalau kepada kepada manusia bisa via alat komunikasi tapi untuk kuliner tak mungkin hanya dikirim gambarnya saja,pasti kita ingin mencicipinya.

Es Goyobod adalah salah satu jajan yang banyak ditemui dikota garut. Didaerah lain di bekasi mau di jakarta rasanya sulit menemukan penjual es goyobod itu. Saya juga tidak tahu apakah es goyobod ini adalah jajan khas garut atau ada ditempat lain. Yang pasti apabila jalan jalan kekota garut Es goyobod ini adalah hunting yang paling awal karena bertebarannya pedang es goyobod.

Kalau kita tanya pada pedagang di garut mereka mengklaim ini adalah makanan khas garut, tapi ketika kita googling ternyata makanan ini juga akui sebagai khas bandung. Ok, anggap saja ini adalah khas priangan timur.

Penasaran dengan es goyobod..!, ehmm...makyussss. sepertinya lebih mudah mencari es goyobod di kota garut, karena kota kecil dan penjual bertebaran sepanjang jalan utamanya dipusat kuliner maupun perbelanjaan maka ada baiknya anda berkunjung dikota garut.

Sensasi manisnya gula merah, plus jelly alpukat tumbuk dan nangka plus batu es...sungguh nikmat, apalagi diminum siang hari yang terik.

Mau tahu apa isi dan cara pembuatannya.

Bahan es goyobod

100 gram tepung hunkwe
600 ml air daun suji
1 buah alpukat, keruk
1 butir kelapa muda, keruk
100 gram tape singkong
100 gram tape ketan hitam
80 gram kolang-kaling, seduh air panas
Susu kental manis
Es batu atau es serut

Kuah Sirup :

225 gram gula pasir
½ sdt garam
300 ml air
2 lembar daun pandan

cara membuat es goyobod enak dan segar

1. Rebus hunkwe dengan air daun suji, masak dengan api sedang sambil diaduk hingga kental dan meletup-letup.
2.Tuang ke dalam loyang, potong-potong setelah adonan mengeras.
3.Rebus air bersama gula pasir, garam dan daun pandan, aduk dan masak hingga mendidih dan gula larut. 4.Angkat dan saring.
5. Sajikan potongan hunkwe beserta bahan penyajian yang lain, tuang sirup gula dan susu kental manis lalu beri es batu atau es serut.

Gak mau repot buat sendiri, hayu atuh ka Garut.

Sahabatbaik
Asgar (Asli Garut) Leuwigoong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar