Sabtu, 30 Desember 2017

Es Cream Cincau Mang Pepen

Mang Pepen Penjual Es Cream Cincau


Es Cream Cincau mungkin bukan makanan asing bagi pencinta kuliner. Disetiap tempat bahkan mungkin di mall atau cafe ada minuman itu dan sebagian orang tidak aneh bagi yang sudah merasakannya.

Dalam edisi pulang kampung kali ini, kami bertemu lagi dengan mang pepen seorang penjual Es Cream Cingcau yang rasanya lain dari yang, rasanya......wuuiiihhhh, makyussss.............penasarankan.

Pada umumnya dijakarta atau dibekasi yang kita temui adalah Es Cingcau dengan es batu yang diserut atau malah es batu yang dipecah pecah, kemudian diberi santan dan cingcau yang terbuat dari daun cingcau. Tapi jangan salah loh, jaman now ternyata ada juga cingcau KW atau yang terbuat bukan dari daun cingcau, entah dari apa tapi pernah ada liputan investigasinya di televisi, untuk warnanya dibuat dengan pewarna. Intinya itu adalah cingcau palsu atau abal abal. Nah ini perlu hati hati bro..

Belum lagi pemanisnya, ditempat lain banyak yang pakai pemanis buatan atau ada yang pemanisnya menggunakan sirup. Jelas hal ini akan mempengaruhi cita rasa dari es cingcau itu, alias gak orisinil, gak enak di lidah.

Nun jauh di bawah gunung haruman, Leuwigoong ada seorang penjual Es Cream Cingcau yang rasa..hmmm....ueenaakk pisan euy.  Namanya aja udah berbeda Es Cream, bukan batu es serut atau es batu yang dibelah belah. Es Creamnya ituloh bro...lembut dan enak gak kalah sama es cream pabrikan seperti Ca.....p.na, D.....nds,W..ls.


Saya pernah pernah jalan jalan ke monas lewat jalan samping masjid istiqlal (lupa nama jalannya, sebrang St Juanda) disana banyak warung kuliner bermacam macam salah satunya adalah es cream yang katanya sejak tahun 1932. Karena penasaran saya coba masuk dan mincicipi. Kok rasanya biasa biasa aja tuh dan agak kasar es creamnya. Beda sekali dengan es cream mang pepen lembut dan enak.
Kemudian ketika kita makan Cingcau bro...., ini baru asli dari daun cingcau...ehmmm adem ditenggorokan dan perut. Dengan memakan daun cincau maka kita mendapat asupan nutrisi yang bergizi. Bahkan ada beberapa manfaat untuk pengobatan dan kesehatan dari daun cincau ini.
Lantas bagaimana dengan cincau abal abal, jangan dibeli deh. Bukannya sehat malah merusak tubuh kita.

Es Cincau Si Buhun


Untuk urusan manis, cingcau mang pepen si buhun ini, punya sensasi rasa yang waauuw......, gak bakalan kita temuiin ditempat lain, Kang Bro. Pemanisnya dibuat dari gula aren asli bro jadi rasa manisnya itu bukan main mainan, kaya kamu beib.......he.he..he.

Ketiika Es Cream bertemu dengan cincau dan dibalut oleh pemanis gula aren asli....hmmmm....wauuuw.....gak terasa air liur akan segera menetes. Udah habis segelas minta nambah segelas lagi.Walaupun  sudah habis rasa belum cukup kita tinggalkan sisa sisa rasa manis itu dalam gelas itu.......!!!.

Es Cream Cincau sibuhun ini, mang pepen tidak mematok harga yang tinggi hanya tiga ribu rupiah. Sebuah harga yang tidak pantas untuk segelas es cream cincau yang enak ini bila kita berada di Mall.
Mang pepen ini sehari hari mangkal depan SMAN 1 Leuwigoong. Dia akan keliling kalau hari libur sekolah. Mungkin ini yang membuatnya berharga murah konsumennya anak sekolah padahal bisa aja kalau keliling harga berbeda, tapi itulah tipikal pedagang kampung, jujur berbada dengan pedagang kota, udah bahan bahannya campuran gak asli mahal pula harganya.
Dulu kami berencana untuk memesan es cream cincau ini ketika akan mengkhitan anak kembar kami, tapi karena sesuatu dan lain hal rencana itu tidak berjalan.  Jadi Es Cincau mang pepen ini bisa menerima pesanan untuk berbagai acara.

Ah..., Sayang sekali bro....., Es Cream Cincau Mang pepen si Buhun ini tidak bisa kami bawa sebagai oleh oleh karena akan mencair dan tidak ada tambahan bahan pengawet.
Selamat menikmati dalam angan angan dari tulisan dan foto ini aja aya.....😃😃😃😄😀

Kp Cijaliti Leuwigoong
Penghujung tahun

Rabu, 27/12/2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar