Minggu, 03 April 2016

Tragedi Nasi Uduk

foto from : nasiudukbetawi.com


Nasi uduk identik dengan makanan untuk sarapan pagi. Biasanya dipagi hari banyak penjual nasi uduk untuk mereka yang tidak sempat masak sarapan pagi.

Dulu waktu kecil saya mengira nasi uduk adalah makanan khas orang betawi,karena waktu itu penjual nasi uduk si mpok (saya lupa namanya) orang asli betawi sampai dagangan itu diwariskan ke anaknya.

Ternyata sekarang penjual nasi uduk langganan saya adalah orang jawa, bahkan cukup enak juga, walaupun berbeda cita rasa masakan masing daerah. Tak lama kemudian ada penjual nasi uduk lagi yang baru buka lapak dan bukan orang betawi juga bukan orang jawa, tapi asli dari sumatera barat alias padang. Rasanya pun agak berbeda dengan kedua daerah.

Berarti nasi uduk adalah kuliner nusantara yang harus segera dilindungi dan dipatenkan ke UNESCO sebagai warisan budaya nusantara seperti halnya pencak silat. Masing daerah punya gaya dan jurus berbeda,sebagai kekayaan budaya. Kalau tidak dipatenkan khawatir nanti diakui oleh negara jiran kita.

Kembali ke nasi uduk sebagai sarapan pagi. Dalam perjalan menuju sawah ladang alias pabrik tempat bekerja, terjadi kecelakaan yang cukup mengenaskan.

Nasi uduk sarapan pagi nampak hancur terburai seluruh isinya. Nasi uduk yang putih nampak pucat dan hancur terlindas oleh ratusan motor yang mengaspal dijalan menuju arah masing masing, terlihat juga bihun dan sambel goreng kentang plus telur bulat sudah tak nampak bentuknya. Kawannya, kerupuk pun hancur berkeping keping.

Kasihan, nasi uduk itu belum menjadi nikmat sipemiliknya.  Bisa jadi karena kurang tepat menyimpannya  dalam kendaraan dan memacu kendaraan dengan kencang karena khawatir terlambat kekantor atau mungkin hal lain yang pasti bukan sengaja dibuang oleh pemiliknya.

Itulah episode pagi dalam perjalan menuju kantor dan pabrik dalam menjemput rezeki. Semoga kita selalu diberi keselamatan dan kesehatan. Selamat bekerja dan beribadah.

Maret 2016
By : sahabatbaik
Member of ReLi Kab Bekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar